Hal-hal yang Mesti Diketahui Tentang Kesehatan Ginjal

Minggu, 08 Mei 2016 - 10:01 WIB
Hal-hal yang Mesti Diketahui Tentang Kesehatan Ginjal
Hal-hal yang Mesti Diketahui Tentang Kesehatan Ginjal
A A A
JAKARTA - Kesejahteraan tubuh kita tergantung pada keseimbangan dan kelancaran fungsi banyak proses terjalin yang terjadi di dalam tubuh kita, yang meliputi beberapa organ; ginjal menjadi salah satu yang penting.

Seperti yang kita semua tahu, ginjal membantu mengeluarkan limbah dari tubuh Anda dalam bentuk urin. Ini membantu menjaga sangat kritis 'kreatinin' tingkat dalam darah Anda rendah, nilai yang lebih tinggi dari yang dapat menyebabkan masalah di surga Anda.

Menurut para ahli, ginjal terkait penyakit yang sedang berkembang di India dan ada beberapa studi yang menunjukkan prevalensi setinggi 17 persen di kota-kota di India.

Apa yang bisa salah?
Batu ginjal adalah masalah yang umum terjadi. Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Berbicara tentang dasar-dasar, batu ginjal terbentuk ketika kristal di ginjal Anda menjadi terlalu besar atau sulit untuk diencerkan dan memerah keluar dalam urin. Kadang-kadang urine tidak memiliki zat yang mencegah batu menempel satu sama lain, yang mengarah ke batu ginjal.

Ginjal juga rentan terhadap kanker. "Ketika kanker menyerang ginjal, biasanya tidak ada gejala. Saya selalu menyarankan pasien di atas usia 50 untuk mendapatkan sonografi perut setahun sekali. Ketika saya berlatih di AS, lebih dari 90 persen dari pasien saya dengan kanker ginjal datang saya dalam tahap 1. Sekarang di India, lebih dari 60 persen dari pasien saya dengan kanker ginjal datang kepada saya dalam tahap 4. Sonografi sederhana sekali setahun dapat mengambil kanker awal ketika itu masih dapat disembuhkan. Pengobatan terbaru untuk kanker ginjal adalah operasi robot yang dilalui tanpa pendarahan, tanpa rasa sakit dengan berada di rumah sakit 3-4 hari dan kembali bekerja dalam 2 minggu," beber Dr Anup Ramani, Uro-Oncological bedah Robotic, dari Rumah Sakit Saifee & Lilavati di Mumbai, India, seperti dilansir dari situs The Times of India.

Berikut kesalahan umum kita menyakiti ginjal sendiri
Jadi apa yang membuat ginjal kita rentan terhadap penyakit? Dr. Krishna Mohan Sahu, Direktur Nephrology & Transplantasi Ginjal, dari Rumah Sakit Khusus Multi Super Nayati, Mathura, menguraikan kesalahan umum yang kita lakukan tanpa sadar:

Minum air tidak dalam jumlah yang cukup
Ini menyebabkan dehidrasi, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan viskositas (kekentalan) darah. Semua ini mengarah ke aliran darah terganggu untuk ginjal sehingga menjadi disfungsi ginjal.

Menahan kencing selama berjam-jam
Ini meningkatkan risiko infeksi saluran kemih, dan menyebabkan tekanan mundur pada ginjal yang dalam jangka panjang mempengaruhi fungsi ginjal. Mengambil voveran atau jenis brufen dari pembunuh rasa sakit untuk jangka panjang: pembunuh rasa sakit ini langsung merusak ginjal.

Penggunaan jangka panjang dari tembakau dan alkohol
Kita semua tahu berapa banyak tembakau dan alkohol mempengaruhi kesehatan kita. Adalah bijaksana untuk menjauh dari tembakau dan minum secukupnya.

Mengkonsumsi terlalu banyak garam, makanan olahan, dan minuman ringan
Asupan garam tinggi meningkatkan tekanan darah dan tekanan darah secara langsung merugikan ginjal. Asupan garam yang tinggi meningkatkan jumlah kerugian protein oleh ginjal, yang sangat terkait dengan perkembangan penyakit ginjal. Hal ini meningkatkan pembentukan batu di ginjal.

Batu ginjal, dengan menyebabkan obstruksi aliran urin dan infeksi urine, mempengaruhi fungsi ginjal. Hal ini juga mempercepat penurunan fungsi ginjal pada pasien yang sudah memiliki penyakit ginjal.

Mengabaikan diabetes atau tekanan darah tinggi
Hal ini sangat penting untuk menjaga diabetes dan tekanan darah dalam kontrol.

Tidak banyak orang membayar mengindahkan tapi asupan suplemen protein terlalu banyak juga menyebabkan masalah ginjal, tutur Dr M. M. Bahadur, Konsultan, Neprhrologist & Transplantasi, dari Rumah Sakit Wockhardt, Mumbai Central.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5641 seconds (0.1#10.140)